Topik 6 Modul 1 Memahami Murid SD, Kunci Jawaban Soal Post-test

Bagi Guru maupun orang tua murid yang sedang mencari kunci jawaban soal post-tes topik 6 modul 1, maka anda berada di tempat yang tepat. Ya, kami akan memberikan pembahasan mengenai pembahasan topik 6 modul 1 memahami murid SD, kunci jawaban soal post-test. Perlu anda ketahui bahwa dalam topik 6 ini ada 3 modul yang akan dipelajari oleh para murid yakni memahami murid SD, persiapan pembelajaran berdiferensiasi SD, dan penguasaan literasi SD.

Namun demikian, pada kesempatan ini, kami hanya akan memberikan kunci jawaban soal serta pembahasan singkat Topik 6 modul 1, yakni memahami murid SD. Nah, seperti apa jenis soal post-test pada topik 6 modul 1? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya sebagai berikut!

Kunci Jawaban Soal Post-test Topik 6 Modul 1 Memahami Murid SD

Kami akan memberikan beberapa contoh soal post-test pada modul 1 SD yang dikerjakan oleh para murid. Pembahasan dan juga jawaban tersebut bukan untuk membuat para siswa mengerjakan secara instan. Namun kami memberikan kemudahan kepada orang tua maupun guru untuk mendapatkan jawaban yang tepat. 

Berikut adalah contoh-contoh soal beserta dengan kunci jawaban dan pembahasannya. 

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid kecuali?

  • Bakat Murid
  • Keterampilan Murid
  • Pengetahuan Murid
  • Ketertarikan Murid

Soal di atas merupakan jenis soal dengan jawaban yang singkat. Murid diminta untuk mencari jawaban yang tidak termasuk dalam faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar bagi seorang siswa. 

Dari keempat jawaban yang tersedia, yang termasuk faktor-faktor yang mempunyai pengaruh terhadap belajar siswa adalah keterampilan, pengetahuan, dan ketertarikan murid. Dengan kata lain, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah bakat murid. Ya, bakat tidak memberikan pengaruh terhadap kebutuhan belajar siswa. 

Selain pertanyaan di atas, contoh soal post-test memahami murid SD adalah sebagai berikut.

Dalam video, Bu Guru Tini tampak mengajarkan membaca dengan cara menunjukkan kartu, kata “Ibu”membacakan lalu mengerjakan kata pada kartu, dari hasil latihan tes di kelas, Bu Tini menyimpulkan bahwa muridnya telah mengetahui huruf I dan B tetapi belum mengetahui huruf U. Dalam mengidentifikasi kemampuan membaca awal murid terdapat 6 indikator yang dapat digunakan yaitu: mengenal bentuk dan melaporkan bunyi huruf, membaca suku kata, setelah membaca pemahaman jumlah kosakata dan kemampuan menulis kita telah mengetahui bahwa ada 6 indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan membaca awal. 

Bagaimanakah sikap yang dapat ditunjukkan oleh Bu Tini dalam menggunakan atau memanfaatkan aneka indikator ini?

  1. Menggunakan seluruh indikator sebagai panduan utama dalam mengidentifikasi kemampuan membaca awal murid
  2. Fleksibel dan terbuka terhadap adanya kemungkinan faktor lain yang juga dapat dijadikan sebagai indikator
  3. Menggunakan buku bacaan otentik sebagai satu-satunya referensi untuk mengukur kemampuan memahami bacaan
  4. Fokus pada kemampuan membaca terlebih dahulu, baru pada kemampuan menulis murid

Apa yang dilakukan oleh Bu Tini menunjukkan kreativitas yang dimiliki oleh seorang guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya. Bu Tini mencoba beberapa cara yang sesuai dengan kemampuan murid. Hal tersebut menunjukkan bahwa Bu Tini seorang pengajar yang terbuka dan selalu fleksibel dengan hal-hal yang baru. Oleh karena itu, jawaban yang tepat pada pertanyaan di atas adalah poin B.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai topik 6 modul 1 memahami murid SD, kunci jawaban soal post-test.  Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa membantu orang tua maupun guru dalam mendampingi belajar anak dalam kurikulum Merdeka. 

Leave a Comment