Cara Lacak HP Iphone yang Hilang

Masakini.co.idBerjaga-jaga terhadap segala kemungkinan memang wajib hukumnya, termasuk mengantisipasi kemungkinan terburuk kehilangan gawai. Untuk kalian pengguna gawai iPhone, wajib untuk mengetahui cara menggunakan find my iPhone demi keamanan kalian. 

Find My iPhone adalah fitur yang memungkinkan kalian untuk mencari gawai yang raib karena dicuri atau terjatuh di suatu tempat. Layanan juga ini dapat melacak keberadaan gawai keluaran Apple lainnya. Seperti iPad, Macbook hingga AirPods sekalipun.

Fitur ini bisa mengetahui keberadaan dan posisi gawai secara langsung atau real time. Kemudian kalian juga bisa mengetahui pergerakan gawai tersebut jika memang tercuri dan dalam genggaman orang. 

Satu hal yang perlu kalian ketahui, pelacakan iPhone hilang tersebut hanya dapat berjalan ketika gawai kalian dalam kondisi aktif dan masih terkoneksi dengan jaringan internet. Artinya, gawai masih menyala. Fitur ini akan memberi tahu lokasi keberadaan gawai hingga titik terakhir saat gawai masih menyala.

Cara Melacak iPhone yang Hilang

 

Berikut adalah langkah untuk mengetahui keberadaan gawai yang lenyap dengan fitur tersebut. Simak ulasan lengkapnya.

  • Masuk ke Menu Find pada iCloud.com

Langkah pertama cara melacak HP iPhone yang dicuri adalah kalian harus masuk ke situs ini dan lakukan akses login masuk melalui akun Apple ID. Isi username dan password kalian.

  • Masuk ke Layanan Penelusuran

Kemudian, cara pakai find my iPhone adalah kalian bisa mengakses layanan penelusuran tersebut, yang akan memberi informasi tentang gawai Anda. Jika memang gawai Anda dalam kondisi mati, maka tunggu beberapa saat hingga kembali menyala dan terkoneksi internet.

Namun, apabila gawai Anda tidak menyala kembali, misalnya dalam kondisi jatuh dan tidak ada orang yang melihatnya, maka layanan ini akan memberitahu kalian letak posisi terakhir gawai tersebut. Artinya, kalian harus segera menelusuri sebelum orang lain menemukannya.

  • Ambil Tindakan

Jika layanan ini memberi informasi yang memperlihatkan bahwa iPhone dicuri kalian sudah menyala kembali, maka segera ambil tindakan. Pilih opsi Action.

Gawai yang hilang akan mengeluarkan bunyi apabila masih berada di sekitar kalian. Dengan adanya bebunyian tersebut akan mempermudah kalian dalam menemukan gawai.

Hanya saja, apabila gawai kalian hilang karena pencurian, maka opsi yang kalian pilih adalah opsi Hilang.

Cara Pengaturan Layanan

Layanan ini tersemat pada hampir seluruh perangkat produksi Apple agar memudahkan penelusuran ketika iPhone hilang dicuri, atau tertinggal di suatu tempat. Sebagai informasi, jika gawai kalian yang lenyap masih dalam mode pesawat, maka layanan tersebut tidak akan bisa bekerja maksimal.

Artinya, sulit untuk menemukan keberadaan gawai yang raib. Maka, kalian harus terus mengecek keberadaan gawai secara berkala, berjaga ketika sudah kembali terkoneksi jaringan internet.

Di sisi lain, hal terpenting lainnya adalah aktivasi fitur ini. Sebab, layanan ini tidak akan berguna apa-apa jika kalian tidak mengaktifkannya. Maka, untuk mengantisipasi kemungkinan resiko terburuk apapun, sebaiknya segera aktifkan layanan tersebut di gawai kalian.

Ikuti urutan untuk mengaktifkan layanan berikut ini :

  1. Masuk ke menu Pengaturan pada gawai kalian
  2. Klik akun kalian, kemudian pastikan kalian sudah melakukan akses masuk.
  3. Kemudian, masuk ke menu Pencarian. Apabila opsi pada menu ini masih dalam kondisi mati, maka segera kalian nyalakan. Dengan begitu, layanan tersebut dapat Anda gunakan dan aktif untuk dapat menelusuri keberadaan gawai yang raib lewat perangkat lainnya.
  4. Lalu, pastikan opsi Pengiriman Lokasi Terakhir sudah menyala. Tujuannya, agar layanan ini lebih mudah dalam mengetahui gawai kalian yang lenyap. Dengan mengikuti semua urutan tersebut, maka layanan ini sudah aktif pada gawai kalian.

Cara Tahu Gawai Bukan Hasil Curian

Membeli gawai setengah pakai memang menggoda. Apalagi, kalian bisa mendapatkan gawai impian dengan harga yang lebih terjangkau. Termasuk untuk smartphone papan atas ini.

Namun, terkadang ada kekhawatiran bahwa gawai yang tersedia di penjualan atau perorangan tersebut adalah hasil tindak kriminal. Meski demikian, kalian tidak perlu risau. Agar mencegah kalian dari tindak penipuan, ada beberapa tips untuk memahami apakah gawai bekas incaran kalian bukan hasil tindak kriminal.

Satu hal penting adalah mengetahui kelengkapan gawai. Jika penjual menawarkan barang dengan kondisi lengkap, atau seperti saat kalian membeli baru, maka kemungkinan besar barang tersebut bukan berasal dari pencuri.

Dalam mayoritas kasus, umumnya gawai hasil curian adalah barang yang tersedia hanya dalam kondisi batangan. Atau, maksimal hanya tersedia dengan kabel pengisian data, tanpa ada boks atau buku petunjuk yang seharusnya ada. 

Berikut langkah yang bisa kalian lakukan untuk memeriksa gawai sebelum membelinya :

  • Periksa Penguncian dan Mode Hilang

Activation Lock merupakan layanan yang dapat membantu pengguna gawai untuk melakukan penguncian perangkat ketika hilang. Sementara, pada versi sistem operasi terbaru, layanan tersebut berganti menjadi Lost Mode.

Apabila masih dalam kondisi terkunci, tentunya hanya pemilik asli yang bisa membuka akses tersebut. Namun, apabila masih tidak bisa kalian buka, maka sebaiknya lupakan minat untuk membeli barang tersebut. Sebab, kalian tidak akan pernah bisa menggunakan gawai tersebut, kecuali sudah mendapat akses.

  • Keberadaan Akun Gawai

Salah satu langkah yang sangat sederhana untuk mengetahui apakah gawai tersebut hasil maling atau bukan, yakni dengan melihat akun pengguna. Apabila masih ada akun pengguna yang aktif di gawai tersebut, segera minta penjual untuk menghapusnya.

Namun, jika sang penjual tidak bisa melakukannya, besar kemungkinan gawai tersebut adalah bekas maling. Sebaiknya, cari saja penjual lain yang menawarkan gawai tanpa ada akun alias masih losong.

  • Cek Layanan Penyimpanan Cloud

Selain itu, kalian juga harus mengetahui apakah gawai tersebut masih menyimpan akun pada ruang penyimpanan awan. Apabila memang masih ada, kalian bisa meminta sang penjual untuk segera menghapusnya.

Namun, jika lagi-lagi penjual tidak melakukannya, segera urungkan niat kalian untuk mengambil barangnya. Sebab, hampir pasti gawai tersebut berasal dari aksi maling pencuri. 

  • Ketahui Kunci Kode Masuk

Kalian harus lebih waspada apalagi ketika hendak membeli gawai lewat penjualan online. Memang, barang akan sampai ke rumah kalian. Kemudian, gawai juga bukan dalam kondisi palsu, namun benar-benar original.

Meski demikian, kalian akan merugi jika gawai tersebut terkunci, sehingga kalian bahkan tidak bisa mengakses halaman depan. 

Apabila sang penjual tahu kode akses masuknya, tentu bukan menjadi masalah. Namun, jika tidak, maka kalian telah tertipu. Solusinya, carilah toko yang tepercaya. Jika memungkinkan, kalian bisa mendatangi gerai atau melakukan pertemuan dengan penjual.

Kesimpulan

Memiliki gawai yang keren tentu impian banyak orang. Namun, pastikan kalian sudah menjaganya dengan baik dan berjaga-jaga terhadap segala sesuatu, termasuk risiko kehilangan. 

Dengan cara menggunakan find my iPhone ini, semoga kalian lebih waspada dan mengantisipasi kemungkinan terburuk. Namun, selalu letakkan gawai kalian pada tempat yang aman untuk memastikan keamanannya.

Segera aktifkan layanan keamanan tersebut sekarang juga. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment