Kenapa Setelah Update Android 12 Jadi Lemot?

Saat mendapatkan pembaruan Android 12, banyak pengguna berharap kinerja hp mengalami peningkatan. Namun tidak sedikit mengeluhkan kinerja hp malah menjadi lambat. Lantas, kenapa setelah update Android 12 jadi lemot? Berikut penjelasannya.

Ketika hp menerima pemberitahuan bakal ada pembaruan sistem operasi Android terbaru, pengguna tentunya ingin segera melakukan update agar bisa mendapatkan peningkatan baik secara performa maupun adanya penambahan fitur baru. 

Namun, kadang setelah melakukan pembaruan OS Android paling baru, justru kinerja hp malah jadi lemot atau frame drop. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebabnya agar bisa mencari solusi atas melambatnya performa hp tersebut 

Jika hp Anda mengalami lag atau lemot setelah melakukan pembaruan Android 11 ke Android 12, sebaiknya ketahui penyebab kenapa setelah update Android 12 jadi lemot berikut ini. 

Penyebab Setelah Update Android 12 Jadi Lemot

Perlu diketahui, setiap merk hp memiliki spesifikasi yang berbeda-beda baik dari segi hardware maupun software yang digunakan. Hal ini pun bisa berpengaruh terhadap performa hp setelah melakukan update sistem operasi Android terbaru.

Jika Anda hanya update sistemnya saja dengan spesifikasi hp yang kurang mendukung, serta memori internal atau RAM tidak memadai, maka dapat menyebabkan kinerja hp jadi lemot karena tidak ada cukup ruang penyimpanan data sistem baru.

Selain itu, kemungkinan lainnya bisa saja terjadi pada sistem Android terbaru terdapat bug sehingga mempengaruhi kinerja hp. Dalam beberapa kasus setelah update Android versi terbaru muncul masalah baru yang tidak ditemukan sebelumnya.

Penyebab setelah update Android 12 lemot lainnya kemungkinan data cache menumpuk sehingga membebani kerja sistem Android, hal ini bisa membuat kinerja hp menjadi lemot. Lalu, bagaimana cara mengatasi hp lemot setelah update Android?

Cara Mengatasi Hp Lemot Setelah Update Android

Setelah mengetahui penyebab kenapa setelah update Android 12 jadi lemot, selanjutnya perlu mencari solusi cara mengatasi masalah tersebut agar performa hp kembali ngebut. Adapun cara mengatasi hp lemot setelah update Android sebagai berikut: 

  1. Hapus data cache hp Android menggunakan aplikasi pembersih
  2. Lakukan factory reset mengembalikan hp ke pengaturan pabrik
  3. Silahkan menunggu update sistem operasi Android versi stabil
  4. Lakukan downgrade sistem operasi Android versi sebelumnya
  5. Hapus aplikasi yang tidak penting atau tidak lagi dipakai
  6. Pastikan memori internal dan memori RAM tidak penuh
  7. Install aplikasi atau game sesuai dengan spesifikasi hp

 

Sebenarnya cara mengatasi hp lemot setelah update Android diatas, tidak hanya berlaku untuk hp Android 12. Namun, juga bisa diterapkan di Android 11, Android 10, Android 9 dan Android versi sebelumnya yang mengalami masalah lag atau lemot.

Kenapa Harus Update Android Terbaru?

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa harus melakukan pembaruan Android ke versi paling baru? Jika setelah update malah membuat hp lemot. Berikut ada beberapa hal yang perlu diketahui harus update Android terbaru, diantaranya adalah: 

  1. Memperbaiki bug pada sistem versi sebelumnya
  2. Menambah atau mengurangi fitur dalam hp Android
  3. Memperbarui sistem keamanan Android terbaru
  4. Merubah tampilan menjadi lebih menarik
  5. Meningkatkan performa atau kinerja hp Android

Meskipun tujuan utama update Android ke versi terbaru agar bisa mendapatkan kinerja lebih baik, namun tidak sedikit malah mengalami kendala hp menjadi lemot dan lag. 

Demikian informasi seputar penyebab kenapa setelah update Android 12 jadi lemot dan cara mengatasinya, pengguna tidak perlu khawatir karena selama masih mendapatkan update Android secara rutin maka akan ada perbaikan yang lebih baik.

 

Leave a Comment