Info Penting! Lihat Cara Cek Nomor KIP!

Menurut pernyataan yang dikeluarkan Mendikbud, seluruh pihak harus aktif ketika menyukseskan Program Indonesia Pintar (PIP) lewat Kartu Indonesia Pintar (KIP). Yang mana keaktifan jajaran birokrasi pemerintahan dari tingkat desa sampai pusat, saat ini juga tengah aktif berpartsipasi untuk menyukseskan PIP lewat KIP, baik pada urusan pendataan, pendistribusian KIP, sosialisasi PIP, juga acara yang lain. Pada dunia pendidikan, menyerupai kemendikbud, dinas pendidikan, dan juga instansi sekolah turut serta aktif melakukan pendataan KIP, pada hal ini pihak sekolah lewat Operator Sekolah tengah sibuk menginput nomor Kartu Indonesia Pintar ke dalam aplikasi Dapodik SD/SMP/SMA/SMK/SLB.

Bagaimana cara untuk mengecek KIP agar dapat dipastikan bahwa nomor Kartu Indonesia Pintar yang telah dimasukkan di aplikasi Dapodik sudah benar?

Ketika Operator Sekolah akan menginputkan nomor KIP yang dipunyai oleh akseptor didik, kadang OPS juga kebingungan jika nomor KIP yang terdiri dari 6 digit kombinasi dari angka dan juga abjad tersebut ada abjad o/O dan/atau 0 (nol). Sebenarnya cukup mudah untuk membedakan abjad O dengan 0, yang mana abjad O itu membentuk lingkaran, sedangkan angka nol (0) berbentuk oval. Akan tetapi, kebetulan pada KIP memang terkadang abjad O dengan 0 susah untuk dibedakan karena bentuknya sangat mirip.

Daripada Anda ragu dan ingin cek nomor KIP siswa yang sudah Anda masukkan atau yang akan dimasukkan sudah benar atau belum ke aplikasi Dapodik Versi Terbaru, maka alangkah baiknya Anda cek tentang kevalidan data KIP siswa yang bersangkutan lewat web resmi kemendikbud.

  1. Cara Cek Kebenaran Nomor dan Data KIP

Ada beberapa langkah untuk mengetahui cek nomor dan data pada KIP, berikut adalah caranya: 

  1. Mengunjungi http://pipsd.kemdikbud.go.id/ 
  2. Pilihlah sajian “Inquiry KIP”
  3. Masukkan lah Nomor (kode) KIP kemudian pilih tombol “Inquiry”
  4. Lihatlah Hasil Pengecekan Data KIP
  5. Inquiry Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Sesudah Anda memasukkan nomor KIP di sebelah kolom inquiry menyerupai pada poin nomer 3 di atas, dan telah memilih tombol inquiry, maka akan ditampilkan hasil pengecekkan yang berwujud 2 jenis laporan:

(1). Data Cetak KIP

Data cetak KIP artinya yaitu data yang sama dengan data yang tertuliskan pada Kartu Indonesia Pintar yang telah dicetak oleh Pemerintah.

Data Cetak KIP berisikan laporan soal nama Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan juga Nomor KIP, serta nama dari Siswa/Peserta Didik, nama Ayah, dan nama Ibu.

2). Data KIP Entry Dapodik

Data KIP Entry Dapodik maksudnya yaitu data KIP berdasarkan hasil input nomor dan juga data KIP siswa pada Aplikasi Dapodik yang sudah dimasukkan oleh Operator Sekolah.

Jadi, jika data KIP siswa sudah diinput ke Aplikasi Dapodik dan Operator Sekolah sudah melakukan sinkronisasi, maka dengan otomatis pada laporan hasil dari cek inquiry di http://pipsd.kemdikbud.go.id/ data KIPnya akan sama dengan yang ada di DAPODIK.

Akan tetapi proses masuknya data KIP yang telah dimasukkan dan juga disinkronkan melalui apilkasi Dapodik itu tidak semua orang dengan bebas masuk ke http://pipsd.kemdikbud.go.id/, jadi membutuhkan proses 1X24 jam atau lebih setelah Operator Sekolah melakukan sinkronisasi Dapodik.

Pada data KIP Entry Dapodik terkandung laporan berupa nama Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, nama Sekolah, Nomer KIP, dan juga nama Siswa lengkap dengan nama Ayah dan juga Ibunya.

  1. Contoh Hasil Pengecekkan Data KIP

1). Hasil pengecekkan data KIP jik Nomor KIP yang diinput salah

Kevalidan nomor KIP akan mendetail pada laporan hasil cek inqury KIP, jadi jika nomor Kartu Indonesia Pintar yang Anda masukkan salah, maka hasil laporannya yaitu “Data tidak ditemukan”.

(2). Hasil Pengecekkan Data KIP jika Data telah sesuai dengan Data Cetak Kartu KIP dan nomor KIP telah diinput ke aplikasi Dapodik sekolah.

Nah kalau hasil pengecekkan sudah valid, dalam hal Data Cetak KIP dan Data KIP Entry Dapodik sudah benar dan muncul pada rekapitulasi PIP, maka pihak sekolah, orang tua/wali siswa, dan  pemilik KIP sudah tidak perlu panik karena proses selanjutnya tinggal tunggu proses pencairan dana tunjangan Program Indonesia Pintar (PIP) lewat KIP yang bisa diambil di bank yang ditunjuk ( BRI dan/atau BNI).

Demikian adalah cara cek nomor KIP, semoga dengan  adanya KIP bisa menjadikan pendidikan di Indonesia lebih maju. 

Leave a Comment