CPM Youtube Tertinggi di Indonesia Bikin Kejang-Kejang

Sebagai konten kreator Youtube pasti sudah tidak asing dengan istilah CPM. Namun, tahukah kamu berapa CPM Youtube tertinggi dan bagaimana menghitungnya? 

Di era digital ini, menjadi seorang youtuber bisa dibilang adalah profesi yang menggiurkan. Banyak anak muda memanfaatkan kemampuan mereka meraup pundi-pundi dari konten yang dibuat. 

Apa Itu CPM Youtube Tertinggi?

Seperti telah kita singgung di atas, bahwa setiap konten yang tayang pada akun Youtube akan menjadi penghasilan. Ketika orang-orang mengklik konten tersebut maka si pembuat konten otomatis menerima hasil. Semakin banyak yang menonton maka akan semakin banyak pula yang diperoleh oleh si kreator konten. 

Dari sebuah data riset, selama masa pandemi, jumlah konten kreator yang mendaftar bertambah tiga kali lipat. Dari 2000 an menjadi 7000 an kreator. Funtastic bukan? Lalu berapa CPM Youtube tertinggi yang bisa diperoleh oleh mereka?

Sebelum kita menghitung berapa penghasilan yang diperoleh seorang youtuber, maka perlu diketahui dulu parameter Youtube. Ada dua parameter yang dipakai dalam Youtube, CPM dan RPM. 

CPM

CPM, Cost Per Mile merupakan biaya yang dibayarkan oleh pengiklan untuk situs web per seribu pengunjung yang melihat iklannya. Di Youtube, jika iklan yang Anda buat  berhasil mencapai 1000 view, maka Anda pun akan mendapatkan uang.

YouTube otomatis akan menandai iklan yang telah ditonton selama lebih dari 30 detik oleh penonton. Tidak semua video mengandung iklan. Sehingga jika kamu mendapati 1000 views di akun YouTube-mu, belum tentu ada 1000 kali penayangan iklan.

Kemudian biaya CPM ini masih harus dibagi hasil dengan pihak YouTube. Ya, Anda tidak akan menerima 100% hasil dari iklan tersebut karena pihak YouTube akan mengambil jatah sebesar 45 persen.

Contohnya, pengiklan membayar 10.000 dolar Amerika untuk penayangan iklannya dan saat itu video kamu ditonton sebanyak 4.700.000. Kita anggap angka 4.700.000 ini sebagai angka valid, yang semua viewnya memang mengandung iklan. Sehingga rumusnya adalah 10.000:4.700.000 x 1000= 2.13 dolar.

Jumlah uang yang bisa didapatkan adalah 2.13 dolar setiap 1000 views. Ini setara dengan 30.000 rupiah, belum termasuk potongan YouTube, lho. 

RPM

RPM, Revenue Per Mile, metrik yang menunjukkan jumlah uang yang diperoleh per 1.000 jumlah tontonan dari beberapa sumber. Ini jelas berbeda dengan CPM yang dihitung per 1000 iklan yang ditonton. 

Contohnya, Anda memperoleh penghasilan 200 ribu untuk bulan lalu dan berhasil mendapatkan 50.000 views tampilan. Maka perhitungannya, 200.000:50.000×1.000 = 4.000. Artinya Anda akan mendapatkan sekitar 4.000 per 1.000 tampilan.

RPM memang lebih rendah daripada CPM. Penyebabnya adalah karena RPM dihitung setelah bagi hasil dengan YouTube. Ini mencakup semua penayangan, termasuk yang tidak dimonetisasi.

Tentu saja setiap konten kreator berpeluang untuk mencapai CPM Youtube tertinggi. Pastikan semua jenis iklan aktif dan tingkatkan jumlah viewers dengan konten yang menarik. Kreatifitas Anda sangat dituntut dalam hal ini. Jangan lupa gunakan Seo Youtube dan buat durasi video di atas 8 menit. 

Di Indonesia nama Atta Halilintar jelas berada di urutan pertama dengan penghasilan berkisar 33,5 juta hingga 538 juta per bulan. Pasangan suami istri Baim Wong dan Paula mencapai 100 miliar per tahun. Lalu Jess No Limit dengan 190 juta hingga 3 M per bulan. 

Bagaimana menurut kalian? Tertarik ingin memperoleh CPM Youtube tertinggi juga? Yuk, mulai asah kreatifitas kalian. 







Leave a Comment