Cara Mengaktifkan Penguat Sinyal di Opsi Pengembang

Merasa fungsi kinerja Hp Android kamu mulai menurun dan melambat? Atau kurang respon terutama terhadap sinyal. Mungkin kamu harus mencoba tips-tips berikut ini. Memang menurunnya kinerja smartphone untuk menangkap sinyal dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Sebelum membuat keputusan kamu diutamakan untuk terlebih dahulu mengamati apa penyebab kinerja android dalam menangkap sinyal yang berkurang.

Namun jika kamu merasa tidak melakukan perubahan yang penting, seperti menggunakan banyak aplikasi yang berlebihan. Atau asal menginstall software tanpa melihat efeknya untuk HP android kamu. Atau bahkan kamu sedang tidak pada daerah yang susah sinyal. Maka tipsnya adalah mengaktifkan penguat sinyal di opsi pengembang.

Opsi pengembang atau kata lainnya mode pengembang tersebut mempunyai fungsi cukup banyak dan sangat berguna. Salah satu manfaat dari opsi pengembang yang banyak kita ketahui adalah untuk USB debugging. Tapi kamu juga mampu meningkatkan kinerja smartphone kamu, dengan cara setting Opsi Pengembang terutama mengaktifkan penguat sinyal. 

Namun tentunya sebelum kamu dapat melakukan setting pada mode pengembang untuk mengaktifkan penguat sinyal di opsi pengembang smartphone android kamu. Pastikan dulu kamu telah mengaktifkan opsi pengembang ini. Buat yang belum tau caranya, kamu nggak perlu khawatir akan segera dijelaskan caranya di bawah ini ya. 

Cara Memunculkan Opsi Pengembang

Kamu terlebih dahulu harus memunculkan opsi pengembang sebelum kamu dapat masuk ke pengaturan mode pengembang. Kalau kamu telah mengaktifkan opsi pengembang dapat langsung menuju cara setting di bawah ya. Berikut langkahnya:

  1. Masuklah ke menu pengaturan
  2. Scroll pada bagian paling bawah kemudian pilih about device
  3. Sesudah masuk ke about device, cari nomor bentukan /  build number. Kalau belum tersedia coba cari dulu software information
  4. Setelah ditemukan nomor bentukan, tap 5-7x sampai muncul keterangan kamu telah menjadi pengembang
  5. Selesai

Mengaktifkan Penguat Sinyal 

Penguat sinyal tidak mempercepat data seluler kamu, tetapi itu mempercepat seberapa cepatnya data seluler diadopsi sesudah sinyal Wi-Fi dijatuhkan. Pengaturan tersebut dapat sedikit berbahaya kalau kamu tidak mempunyai sejumlah besar data seluler sebagai cadangan, karena berarti perangkat kamu akan lebih cepat untuk mengakses.

Misalnya, ketika sinyal Wi-Fi kamu mungkin turun sebentar, seperti yang sering terjadi oleh sinyal Wi-Fi, kemudian ponsel kamu akan segera beralih ke data seluler.

Kalau kamu tidak pernah melewati batas data seluler kamu, aktifkan pengaturan ini dan kapan pun kamu meninggalkan rumah dan juga kantor, kamu akan melihat perangkat beralih ke data seluler lebih cepat setelah kamu keluar dari jangkauan Wi-Fi. 

Membuat Koneksi Jaringan Stabil

Ini bukan untuk mengaktifkan penguat sinyal di opsi pengembang namun memiliki tujuan untuk membuat sinyal yang ditangkap oleh smartphone Android kamu stabil. Berikut adalah caranya :

  1. Hidupkanlah smartphone Android, pada menu dialler (call) ketikkan kode berikut *#*#4636#*#*
  2. Tanpa harus klik tombol call, pada layar smartphone kamu akan muncul tampilan berupa informasi: Phone information, Battery Information, Usage Statistic dan juga Wi-fi information. Pilihlah “Phone information
  3. Pada menu Phone Information akan tampil seluruh informasi tentang IMEI, Phone Number, Network dan juga koneksi sinyal pada smartphone Android kamu. Termasuk didalamnya terdapat kekuatan sinyal, lokasi, informasi koneksi data internet dan yang lain- lain
  4. Buat menguji koneksi sinyal coba bikin “run ping test”, untuk menggantikan koneksi jaringan dari “preferred” jadi “only” pilihlah menu “set preferred network type”, akan ada banyak pilihan yang kamu inginkan WCDMA preferred, GSM Only (Edge, GPRS), WCDMA only (HSDPA,HSDPA+,3G), Global, LTE Only dan lain- lain 
  5. Kalau ingin koneksi jaringan sinyal Android di HSDPA – 3G maka pilihlah pengaturan di WCDMA only, begitu juga yang sebaliknya. Dan ketika ingin mendapatkan koneksi jaringan sinyal Android 4G LTE yang lancar pilihlah, LTE only tapi kendala pemilihan LTE Only ini kita tidak akan dapat menerima dan melangsungkan panggilan telepon dan SMS. Kemudian Refresh dan tunggu beberapa waktu kemudian jaringan akan diatur ulang.

Gimana? Mudah bukan mengaktifkan penguat sinyal di opsi pengembangan. Selamat mencoba! 

Leave a Comment