Cara Cek iPhone Bekas Berkualitas agar Tidak Tertipu

Masakini.co.id – Membeli smartphone iPhone second menjadi solusi sebagian orang untuk tetap memiliki gawai canggih dengan harga lebih miring. Lantas bagaimana agar memastikan untuk tetap mendapatkan barang berkualitas? Simak cara cek iPhone bekas sebelumnya kalian membeli berikut ini. 

Gawai keluaran produsen Apple ini memang memiliki daya tarik sendiri. Selain punya kemampuan mumpuni, gawai ini juga berdesain menarik. Wajar jika banyak orang memburunya, meski dalam kondisi tangan kedua. 

Apakah kalian tertarik untuk mendapatkannya juga? Jika iya, simak penjelasan lengkap di bawah ini tentang tips membeli iPhone tangan kedua. 

Cara Cek iPhone Bekas dari Berbagai Sisi

Jangan khawatir, kalian tetap akan bisa mendapatkan barang oke, dengan banderol yang lebih bersahabat. Simak tipsnya.

  • Pastikan Iphone Dapat Menyala

Gawai tangan kedua ini memang sangat menggoda lantaran harganya yang lebih ramah di kantong. Namun, jika kalian salah memilih, bisa-bisa justru bikin tekor. Kalian tidak ingin rugi bukan?

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memeriksa apakah gawai tersebut bisa menyala dengan benar. Yakni, tekan tombol Power, kemudian pastikan logo gawai ada di layar dan mulai muncul halaman utama.

Apabila proses ini memakan waktu lama, sebaiknya kalian urungkan niat dan mencari barang yang lain. Sebab kemungkinan akan terjadi masalah.

  • Username Sudah Kosong

Untuk dapat mengoperasikan gawai ini, tidak hanya sekedar menyalakan dan memiliki provider seluler saja. Kalian harus memiliki akun tersendiri dan hanya berfungsi khusus untuk gawai ini. Akun tersebut terdiri atas nama pengguna dan kata kunci. Pastikan semua itu sudah kosong pada gawai yang akan kalian tebus.

Apabila masih ada akun terdaftar, maka kalian akan kesulitan untuk menggunakan gawai tersebut secara bebas. Maka, periksalah bagian pengaturan di menu gawai, kemudian periksa di kolom informasi. Jika sudah kosong, berarti aman. 

  • Lihat Kondisi Fisik

Tips membeli iPhone bekas yang cukup penting adalah melihat kondisi fisik gawai dengan seksama. Kalian bisa melihat bagian depan dan belakangnya. Apabila terdapat retakan atau goresan, besar kemungkinan gawai tersebut pernah mengalami benturan. 

Hal ini patut kalian waspadai, sebab benturan juga bisa berpengaruh terhadap kemampuan komponen yang tersemat dalam gawai.

Selain itu, kecacatan fisik juga membuat gawai terlihat tidak menarik. Kalian tentu akan memilih barang yang lebih mulus bukan?

  • Coba Fungsi Tombol

Cara cek iPhone bekas berikutnya adalah dengan menjajal fungsi beberapa tombol yang terletak pada gawai tersebut. Misal untuk menyalakan gawai, menambah volume, membisukan suara atau sentuhan pada halaman utama. Pastikan semuanya masih berfungsi dengan baik.

  • Sensor Masih Berfungsi dengan Baik

Gawai ini memiliki teknologi sensor yang berguna untuk menjalankan beberapa fitur penting. Seperti Face ID maupun Touch ID pada seri-seri terbarunya. Kalian harus memastikan semua masih berfungsi secara maksimal.

Saat ingin beli iPhone bekas, cobalah satu per satu. Dengan begitu kalian akan lebih mantap untuk memilih barang tangan kedua tersebut.

  • Periksa Kemampuan dan Kapasitas Daya Baterai

Sudah bukan rahasia lagi bahwa gawai ini juga akan mengalami penurunan kualitas daya baterai apabila sudah dipakai dalam waktu lama. Namun, selama kalian belum mendapati status Service di dalamnya, maka kondisinya tergolong masih aman.

Umumnya, kapasitas di kisaran 100 hingga 80 persen masih cukup baik. Namun, apabila sudah menyentuh 70 persen atau di bawahnya, maka sudah saatnya untuk penggantian. 

Kemudian, lihat juga proses pengisiannya. Gunakan kabel pengisi daya, kemudian pastikan apakah pengisiannya lancar. Apabila tidak kunjung bertambah, bisa jadi ada yang salah.

  • Coba Kamera

Umumnya setiap orang yang hendak membeli ponsel tangan kedua, akan serta merta memeriksa kemampuan alat potret ini. Hal ini memang penting. Sebab, gawai ini memang memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni. Tak heran jika banyak orang mengincar kualitas ini. 

Perhatikan hasil jepretannya. Apabila ada noda hitam, artinya ada masalah pada alat potret tersebut. 

Kemudian, coba fungsi-fungsi potret lainnya. Seperti time lapse, slow motion atau panorama.

  • Lihat Kondisi dan Respons Layar Sentuh

Sudah jarang gawai yang memiliki piranti keyboard manual. Touchscreen adalah komponen penting untuk semua ponsel dengan model paling mutakhir masa kini, yang berfungsi untuk navigasi dan mengetik. 

Maka, apabila terjadi kerusakan, akan membuat penggunaannya kurang optimal. Kalian bisa memeriksa kondisinya dengan mengusap dari berbagai sisi. Lihat  bagaimana responnya. 

Kemudian, jika pada touchscreen terdapat bercak atau bayangan berwarna kontras, sebaiknya jangan ambil barang tersebut.

  • Jajal Mikrofon dan Output Suara

Panduan beli iPhone bekas berikutnya, cobalah untuk memutar musik atau video dari gawai tersebut. Kemudian dengarkan secara seksama apakah bunyi yang keluar sudah sesuai seharusnya, dengan volume pas dan tidak terlalu kecil. Apakah bunyi yang keluar, pecah atau tidak. 

Kemudian, cobalah merekam suara lalu simpan. Putar ulang hasil rekaman tersebut untuk mengetahui bagaimana kualitasnya. Jika hasilnya baik, maka patut kalian pertimbangkan.

  • Koneksi Berjalan Baik

Sebelum menebus gawai tangan kedua tersebut, kalian juga harus mengecek apakah fitur koneksi yang tersedia bekerja dengan baik. Antara lain WiFi, jaringan provider seluler hingga Bluetooth. Coba satu per satu apakah masih bekerja dengan baik.

  • Hindari Beli Versi Lama

Harga iPhone bekas versi lama yang sangat murah bisa menggoda kalian untuk membelinya. Hal itu tidak menjadi masalah. Namun, jangan sampai kalian memilih tipe yang terlalu jadul meski sangat irit di kantong.

Usahakan untuk mendapatkan barang di atas generasi iPhone 5. Sebab, teknologinya sudah mendukung dan lebih baik. Apalagi, sudah tersemat dukungan jaringan 4G.

Kemudian, tipe-tipe gawai lama juga tidak mendukung untuk penggunaan aplikasi terbaru. Sehingga, percuma saja kalian memakainya. Sia-sia sudah kalian membelinya, sebab hanya akan berakhir di lemari penyimpanan. 

  • Bukan Barang Curian

Bisa jadi terlintas di benak kalian, dari mana asal gawai setengah pakai yang hendak kalian bawa pulang? Sebab, tidak menutup kemungkinan barang tersebut didapatkan dari hasil tindak kriminal. 

Kalian bisa mengecek nomor IMEI yang ada dengan masuk ke bagian pengaturan, menu umum dan informasi gawai. Kemudian, masukkan nomor tersebut ke website pengecekan ponsel curian. Di sana, kalian akan mendapatkan informasi apakah barang tersebut hasil tangan maling atau bukan.

Kemudian, kalian juga bisa memilih tempat beli iPhone bekas terpercaya. Barang setengah pakai ini cukup aman jika kalian dapatkan di toko yang memberikan garansi. Jaminan tersebut memang bukan dari distributor, melainkan dari penjual itu sendiri.

Kesimpulan

Gawai ini menjadi salah satu perangkat yang mengundang minat banyak orang. Hanya saja, tidak semua orang bisa menebus harga gawai yang cukup mahal ini. Alhasil, transaksi barang setengah pakai menjadi solusi.

Dengan memperhatikan cara cek iPhone bekas, kalian tidak perlu khawatir terkena risiko mendapatkan barang yang tidak layak. Cermati dulu sebelum membeli, tidak perlu tergesa-gesa dalam memeriksanya. 

Semoga artikel ini membantu kalian.

Leave a Comment