5 Cara Backup WhatsApp iPhone Tanpa iCloud Ampuh!

Masakini.co.id – Cara backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud dapat menjadi salah satu alternatif bagi kalian yang mempunyai masalah dengan penyimpanan iCloud.

Bisa karena sulitnya akses ke iCloud, tidak adanya dana lebih untuk membeli layanan penyimpanan iCloud, hingga ketidakpuasan pengguna karena dengan pencadangan iCloud maka pesan cadangan tidak lagi terlindungi enkripsi end to end.

Intinya, kalian bisa menggunakan cara ini apabila iCloud tidak dapat kalian gunakan sebagai media penyimpanan lagi.

Tutorial Backup WhatsApp iPhone Tanpa iCloud

Tersedia sejumlah cara untuk mencadangkan WhatsApp iPhone tanpa memanfaatkan iCloud yang bisa kalian terapkan. Selengkapnya, berikut penjelasannya.

  • Google Drive

Ya, selain sebagai cara backup WhatsApp android, kalian juga bisa memanfaatkan penyimpanan awan milik Google ini sebagai alternatif pencadangan data WhatsApp.

Untuk menggunakan cara backup WhatsApp ke Google Drive, yaitu

  • Pertama, kalian harus memastikan terlebih dahulu jika akun email iPhone kalian terkoneksi aktif dengan gmail.
  • Setelahnya, kalian bisa buka aplikasi WhatsApp dan klik titik tiga yang terletak di kanan atas.
  • Gulir dan ketuk pada opsi setelan, lalu scroll down lagi sampai menjumpai pilihan chat kemudian cadangkan chat.
  • Selanjutnya, kalian bisa memilih mencadangkannya ke Google Drive.
  • Selain itu, kalian juga akan diberi beberapa alternatif interval pencadangan, mulai dari harian, mingguan, bulanan, atau jangan pernah cadangkan.

Namun, sebaiknya jangan pilih opsi terakhir, gunakan saja pencadangan manual dengan memilih opsi “Hanya Ketika Saya Mengetuk Cadangkan”.

Di sisi lain, kalian juga bisa memutuskan ingin melakukan pencadangan ketika tersambung dengan WiFi atau ketika terkoneksi dengan WiFi dan data seluler.

  • dr.fone

Cara backup chat WhatsApp di iPhone kedua memanfaatkan software pihak ketiga bernama dr.fone untuk membantu melakukan pencadangan atas data WhatsApp milik kalian.

Untuk memakai dr.fone, berikut tutorialnya.

  • Buka software dr.fone melalui ponsel kalian. Apabila kalian belum mempunyai aplikasinya, bisa mengunduhnya melalui App Store kemudian menginstalnya terlebih dahulu.
  • Setelah aplikasi terbuka, sistem akan menampilkan beberapa pilihan menu, salah duanya berupa transfer foto dan backup. Karena ingin mencadangkan data WhatsApp maka pilihlah backup.
  • Selanjutnya pilih backup WhatsApp dan tunggulah sampai proses penyiapan data selesai. Begitu penyiapan data selesai, kalian bisa langsung backup now guna memulai proses pencadangan data WhatsApp.
  • iTunes

Cara backup data file WhatsApp iPhone selanjutnya, memanfaatkan software dari Apple bernama iTunes. Hal ini mungkin terjadi apabila kalian telah mencadangkan semua data terlebih dahulu ke iTunes baru memindahkannya lagi dari data yang tersimpan.

Catatan penting: ketika kalian mengeset perangkat iPhone  baru maka semua data dalam perangkat akan terhapus. Oleh karena itu, ada cara khusus untuk mengembalikan cadangan iTunes.

  • Sambungkan perangkat iPhone ke desktop atau laptop menggunakan kabel data USB, kemudian jalankan iTunes.
  • Selanjutnya, kalian bisa mengetuk pilihan “Ringkasan”, lalu klik “Cadangkan Sekarang” guna mencadangkan semua data perangkat.
  • Yang perlu kalian perhatikan adalah pada bagian automatically back up untuk memilih This Computer daripada iCloud.
  • Setelahnya klik Back Up Now dan tunggulah sampai proses pencadangan selesai. Begitu, selesai, kalian bisa memutus koneksi dan memulainya pada perangkat baru.
  • Begitu iTunes mengidentifikasi perangkat baru milik kalian, kalian bisa membuka opsi Summary atau ringkasan, kemudian klik Restore Back Up.
  • Terakhir, kalian hanya perlu menunggu beberapa menit untuk sistem mengembalikan data perangkat lama ke perangkat baru.

Setelah selesai, kalian baru dapat mengeset WhatsApp sehingga pengguna bisa mengembalikan data WhatsApp sebelumnya.

  • Mobitrix WhatsApp Transfer

Metode keempat menggunakan alat transfer data yang bernama Mobitrix WhatsApp Transfer.

Tools ini termasuk alat paling efektif untuk mengatasi pendistribusian file WhatsApp.

Untuk cara penggunaannya, ikuti panduan berikut.

  • Jalankan program Mobitrix, koneksikan menggunakan kabel data USB dengan iPhone milik kalian.
  • Kemudian ketuk Pindahkan atau transfer semua data yang ada di iPhone.
  • Setelahnya, sistem Mobitrix akan mulai melakukan pendistribusian data. Apabila prosesnya telah selesai, kalian akan mendapatkan notifikasi.

Selain memindahkan data, menyimpan data, Mobitrix memiliki keunggulan menyimpan semua data pada WhatsApp, jadi lampiran, foto, dan lain-lain akan tersimpan.

Di sisi lain, Mobitrix juga berjalan lintas platform. Misal dari iPhone ke Android atau sebaliknya.

Dan yang paling disukai adalah tools ini gratis dan aman untuk kalian gunakan.

  • Backup Data WhatsApp Melalui Email

Cara selanjutnya, yakni menggunakan media berupa email. Tidak percaya jika cara ini bisa? Bahkan langkahnya cukup simple.

Kalian bisa mengekspor chat WhatsApp sebagai lampiran di email kemudian untuk mendapatkannya lagi, kalian bisa membuka akun gmail kalian dan mengunduhnya.

  • Pertama-tama, kalian buka WhatsApp terlebih dahulu. Kemudian pilih obrolan yang ingin kalian cadangkan atau transfer. Tentunya, tidak semua obrolan penting.
  • Selain obrolan, kalian juga bisa mengetuk obrolan grup.
  • Selanjutnya, klik titik tiga yang lokasinya di atas kanan. Kemudian gulir ke bawah, pilih Lainnya, ketik opsi Ekspor chat.
  • Nantinya, sistem akan mengeluarkan pop up notifikasi berupa penyertaan media membuat ukuran ekspor chat bertambah. Di sini, kalian bisa memilih menyertakan media atau tanpa media.
  • Setelahnya akan muncul opsi berupa “kirim chat via …” silakan pilih Gmail. Pastikan kalian memiliki email lain, ya, yang bisa kalian kirimkan lampiran obrolan ini.
  • Ekspor chat berformat txt dan kalian bisa membukanya secara default atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Backup WhatsApp iPhone ke iCloud

Perlu kalian tahu bahwa riwayat obrolan tidak tersimpan di server WhatsApp. Kemudian, pesan yang sudah dicadangkan juga tidak terlindungi lagi enkripsi end to end.

Juga WhatsApp tidak dapat membantu memulihkan pesan yang telah hilang atau sudah terhapus.

Nah, untuk mencadangkan obrolan ke iCloud tersedia dua cara.

  • Pencadangan Manual

Mencadangkan secara manual dengan mengklik Setelan, masuk ke menu Chat, lalu klik Cadangkan chat dan Cadangkan sekarang juga.

Setelahnya, pilih iCloud dan tunggu sampai proses pencadangan selesai.

  • Pencadangan iCloud Otomatis

Sementara itu, ada juga opsi otomatis pencadangan dengan memilih Cadangkan Otomatis dan tentukan frekuensi pencadangan. Ingin harian, mingguan, atau bulanan.

Ini akan mencadangkan semua data ke iCloud. Namun, kalian membutuhkan koneksi internet yang bagus. Juga durasi pencadangan bisa menguras waktu dan baterai apabila pencadangan data berukuran besar.

Sementara untuk bisa menggunakan iCloud sebagai pencadangan, kalian harus masuk ke akun iCloud. Bagi pengguna iOS 10 ke atas, iCloud harus dalam kondisi aktif juga memiliki ruang sebesar 2,05 kali lebih besar dari data yang akan dicadangkan.

Jadi, kegagalan penyimpanan iCloud, kebanyakan karena kurangnya ruang pada iCloud.

Untuk mengatasinya, kalian bisa mematikan Cadangkan Otomatis di WhatsApp juga di iCloud. Selain itu, bisa juga dengan menghapus data pencadangan yang lama. 

Dengan memilih salah satu cara backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud di atas dan mempraktikkannya, kalian tidak perlu lagi khawatir sewaktu-waktu WhatsApp crash karena sudah memiliki cadangannya untuk mengembalikan data WhatsApp. Namun, kalian tetap butuh konsisten mencadangkannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Check Also

Operator XL

Cara Tepat Atasi Kode XL Rusak Saat Digosok

Kode Xl rusak saat digosok bisa jadi salah satu masalah yang sering sekali terjadi, tapi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.